Posts

Showing posts from November, 2016

Berani Tampil Beda!

Image
Tepat tgl 1 Muharram 1438 H, di sebuah Sekolah tidak jauh dari tempat tinggal kami diadakan peringatan penyambutan tahun baru islam yg diikuti khusus oleh siswa/siswi sekolah tsb. Tanpa sepengetahuan ummi dan abinya, Putri saya Syifa pun ikut hadir di sekolah tsb, padahal ia tidak sekolah di sekolah tsb dan memang ia tidak sekolah dimanapun. 
Kami menjadi tahu keberadaan syifa di acara tsb, ya karena salah satu guru sekolah tsb yg memang sudah kami kenal mengirimkan pesan gambar dan teks melalui WA, isi pesan teksnya kurang lebih begini: " Ibu, anak ibu ada di lantai 3 sekolah kami ya ikutan menyaksikan peringatan 1 Muharram... ". Dan pesan gambarnya ya seperti yg anda lihat.. ^_^

Ya sudahlah, kami biarkan ia berada disana. Toh disana juga ia sudah kenal akrab dengan kepala sekolahnya. "Lah kok bisa Kang ia bisa akrab dengan kepala sekolahnya??" . " hehehe.. iya coz putri saya sering berinteraksi dengan beliau kalau pas ketemu saat sholat berj…

Demi 5 Buah Es Krim

Image
Habis ngaji bersama teman-temannya, langsung deh syifa "makan es krim".Wah, kayaknya enak banget tuh?? Nah, gara-gara suka es krim, Syifa (putri saya-jilbab merah ^_^ ) rela hafalin surah al-juma'ah tuh. Maksudnya?? Iya.. ia berhasil hafalin surah Al-jumu'ah demi mendapatkan 5 buah es krim yg dijanjikan umminya. Ya namanyanya juga anak-anak kadang perlu reward semacam itu untuk menumbuhkan semangat belajarnya.

Lalu, adakah manfaat lain dari perlakuan kami ini bagi anak kami?
Saya coba amati perilaku anak saya, ternyata banyak juga kok manfat yg didapat oleh anak. Apa saja? Anak terbiasa mempunyai TUJUAN yg jelas dalam melakukan aktifitasnya. Anak lebih bersemangat untuk mencapai TUJUAN dari aktifitas yg sudah disepakatinya.Anak jadi terbiasa melakukan tahapan2 sesuai track pencapaian TUJUAN Itu diantara manfaat dari pemberian reward ke anak..




Tapi ingat ya... Jangan lakukan hal ini kepada anak dengan konsep " Lu jual.. Gua Beli!" . Lakukanlah den…

Bangun atau Tidur Selamanya?!

Image
"Pada suatu hari ada seekor kancil... bla.. bla.. bla... dst". Itulah dongeng yg sering terdengar oleh telinga saya dulu waktu kecil saat menjelang tidur. Nah, sekarang peranpun berganti. Saya tidak lagi memainkan peran sebagai anak yg kalo mau tidur mendengarksn dongeng dari orangtua saya. Saya sekarang memainkan peran sebagai orang tua yg mendongeng saat anak saya mau tidur. Lalu apa yg saya dongengkan/ceritakan kepada anak saya??


Terus terang saya tidak pandai mendongeng, ya karena peran sudah ada pada diri saya.. Mau gak mau Saya harus banyak belajar. Alhamdulillah, secara perlahan sayapun bisa membuat anak tertidur pulas dengan dongengan saya.
Tapi timbul pertanyaan dalam diri saya.. "Ini anak tertidur pulas memang karena dongengan saya yg menghipnotis dia tertidur atau karena dongengnya yg bikin " bete" yg akhirnya bikin dia tidur juga? "... Hehehe.. Jadi tanda tanya besar??!!
Ahh.. Positive thinking sajalah dan tetap terus belajar …