Bangun atau Tidur Selamanya?!

Bangun atau Tidur Selamanya?!



"Pada suatu hari ada seekor kancil... bla.. bla.. bla... dst". Itulah dongeng yg sering terdengar oleh telinga saya dulu waktu kecil saat menjelang tidur. Nah, sekarang peranpun berganti. Saya tidak lagi memainkan peran sebagai anak yg kalo mau tidur mendengarksn dongeng dari orangtua saya. Saya sekarang memainkan peran sebagai orang tua yg mendongeng saat anak saya mau tidur. Lalu apa yg saya dongengkan/ceritakan kepada anak saya??


Terus terang saya tidak pandai mendongeng, ya karena peran sudah ada pada diri saya.. Mau gak mau Saya harus banyak belajar. Alhamdulillah, secara perlahan sayapun bisa membuat anak tertidur pulas dengan dongengan saya.

Tapi timbul pertanyaan dalam diri saya.. "Ini anak tertidur pulas memang karena dongengan saya yg menghipnotis dia tertidur atau karena dongengnya yg bikin " bete" yg akhirnya bikin dia tidur juga? "... Hehehe.. Jadi tanda tanya besar??!!
Ahh.. Positive thinking sajalah dan tetap terus belajar dan belajar! :)
Oiya, ajak anak juga untuk berdoa sebelum tidur ya.. " Bismika Allohumma Ahyaa Wa Bismika Amuut.." Anda Pasti sudah hafalkan?! Tinggal dibiasakan saja ya tuk dipraktekan ^_^

Oiya, selain mendongeng saya pun sering mendampingi anak saat menjelang tidurnya dengan aktifitas ringan dan edukatif, antara lain:

  • Bercerita tentang pengalaman seru saya waktu kecil
  • Membacakan buku yg sesuai dengan usia anak
  • Membacakan ayat2 alquran (Muroja'ah)
  • Diskusi ringan seputar aktifitasnya seharian
  • Memutarkan murottal atau dongeng anak memanfaatkan CD player atau boneka elektronik yg bisa mendongeng/bercerita kisah nabi dan membacakan murottal, serta mengajari bahasa, dll.

Ya.. Begitulah beberapa aktifitas saya menjelang tidur. Dan aktifitas ini dilakukan bergantian dengan istri saya.. Kalau umminya sibuk rekap orderan , ya saya yg ambil peran. Kalau saya sibuk (sok sibuk..hehe) mempersiapkan aktifitas marketing online.. Ya umminya yg handle..

Jadi jangan jadikan SIBUK sebagai alasan untuk melewatkan momen spesial bersama anak menjelang tidur.

" Kita tidak akan tahu kan, pagi hari apakah anak bangun seperti sedia kala atau tidur selamanya"



Yuk manfaatkan momen spesial tersebut dengan aktifitas terbaik kita bagi anak kita. Semoga kita semua menjadi orang tua terbaik bagi anak-anak kita, amin! Tidak perlu di SHARE ya, jika tulisan ini tidak bermanfaat.

No comments :

Post a Comment

Silahkan berkomentarlah dengan baik dan sopan agar bisa saling berbagi manfaat bagi banyak orang ^_^