Belajar Berhitung, Apakah Baik Untuk Anak??

Belajar Berhitung, Apakah Baik Untuk Anak??


Saya pernah membaca sebuah artikel bahwa banyak orang tua sekarang "memaksakan" anak agar bisa berhitung di usia dini. Saya pun melihatnya demikian, ya memang ada sebagian yg karena ambisi atau gengsi orang tua, anak dipaksa belajar berhitung lebih dini. Orang tua bangga dan beranggapan anaknya yg bisa hitung di usia dini itu HEBAT. Kalau dengan alasan tersebut, saya tentu tidak setuju banget..
 
Tapi kalau alasannya karena memang kemauan anaknya yg suka "ngitung-ngitung" ya silahkan orang tua memfasilitasinya. Seperti yg saya lakukan kepada anak saya yg saya ajari tentang satuan, puluhan, ratusan, ribuan, dan jutaan saat belanja di Mall. Kenapa saya ajari itu, padahal usianya baru 7 tahun?? Ya karena kemauan anak saya sendiri untuk belajar tentang itu. Kemauannya muncul terdorong karena ia sering melihat label harga produk pada saat saya mengajaknya belanja. .



Tapi menurut saya untuk anak usia dini lebih baik diajarkan konsep perhitungan untuk membangun karakternya, ya contohnya seperti ini:
  • Bagaimana caranya agar anak bisa mengalikan ( x ) kegembiran
  • Bagaimana caranya agar anak bisa membagi ( : ) kebahagiaan
  • Bagaimana caranya agar anak bisa mengurangi ( - ) kesedihan
  • Bagaimana caranya agar anak bisa menambah ( + ) semangat/motivasi
Saya kira itu lebih baik, dibandingkan anak yg masih usia dini dipaksa tuk belajar berhitung secara numerik. Menurut Anda?? 😊

Boleh di SHARE ya.. Insya Alloh bisa menambah inspirasi tuk Anda dan lainnya !

No comments :

Post a Comment

Silahkan berkomentarlah dengan baik dan sopan agar bisa saling berbagi manfaat bagi banyak orang ^_^