Belajar Fotografi di Kebun Raya Bogor

Belajar Fotografi di Kebun Raya Bogor


Senin (05/12/2016), Syifa belajar fotografi di Kebun Raya Bogor bersama teman-temannya dipandu oleh fotografer senior dan berpengalaman, yaitu Om Awal dan Om Ilyas yang akrab dengan sebutan Om Puding. Wah keren banget loh kedua orang tersebut sudah melalang buana ke beberapa negara berbekal keahliannya sebagai juru foto alias fotografer. Kata om-om tersebut, mereka itu adalah fotografer dokumenter. Jadi kegiatan memotretnya diantaranya seputar obyek bersejarah, obyek penelitian, dan kondisi sosial suatu masyarakat. Nah, itulah sekilas gambaran mengenai 2 orang pemandu atau fasilitator yang menemani syifa dan teman-temannya belajar fotografi. Penasarankan apa saja yang dipelajari dalam kegiatan belajar tersebut?

Dalam kegiatan belajar fotografi di Kebun Raya Bogor, Syifa dan teman-temannya melakukan beberapa rangkaian kegiatan. Kegiatan ini dilakukan sambil tracking menelusuri keindahan Kebun Raya Bogor. Syifa dan teman-temannya belajar fotografi bisa sambil melihat keindahan danau, pohon, Istana Bogor, dan obyek lainnya yang ada di Kebun Raya Bogor.  Biar gak bikin tambah penasaran dengan kegiatan belajar ini, yuk ah langsung saja kita bahas rangkaian kegiatannya.
 
Kegiatan belajar fotografi ini diawali bacaan "Bismillah.." dilanjutkan dengan perkenalan oleh fasilitator. Kemudian Syifa dan teman-temannya diminta untuk melakukan pemanasan ringan berupa lari-lari ditempat sambil menggerakan kedua tangan.

Sambil duduk-duduk di pinggir danau dan di bawah pepohonan yang rindang serta udara yang sejuk, pada session ini, syifa dan teman-temannya diberikan sebuah kertas gambar ukuran A3 dan mereka diminta untuk menggambar. Fasilitator meminta syifa dan teman-temannya menggambar "apa saja" yang berkaitan dengan Kebun Raya Bogor. Ah jadi tambah penasaran aja.. Kira-kira apa ya yang mereka gambar?? Ayo tebak! hehehe

Wah, ternyata gambar mereka macam-macam. Ada yang gambar pohon, ada yang gambar ikan di danau, pokoknya macem-macem deh..
http://kreasyifa.blogspot.com/2016/12/belajar-fotografi-di-kebun-raya-bogor.html


Oh iya.. belajar fotografi kok malah disuruh menggambar?? Kenapa ya??
Fotografi itu adalah kegiatan menggambar juga loh. Cuma beda alat untuk menggambarnya. Kalau menggambar biasa, alat yang digunakan untuk menggambar adalah pensil atau alat tulis lainnya. Sedangkan fotografi, menggambarnya menggunakan sebuah kamera.

Kegiatan menggambar ini juga dilakukan untuk melatih atau merangsang daya imaginasi anak agar bisa berkreasi membuat obyek gambar yang menarik. Daya imaginasi inilah yang diperlukan juga dalam kegiatan memotret suatu obyek, sehingga anak bisa menentukan mana obyek yang menarik atau layak untuk difoto.

Dan ingat ya! Memotret yang baik itu lensa kameranya ke arah depan ya.. jangan diarahkan ke belakang. Kalau lensa kameranya diarahkan ke belakang itu mah namanya selfie, hehehe.  Dan realita yang terjadi sekarang ini, banyak anak-anak yang kalau memotret arah lensa kameranya ke belakang alias selfie. Kalau fenomena foto selfie ini terus terjadi, Ini bisa saja menyebabkan karakter anak yang  ego sentris atau lebih peduli ke dirinya sendiri, dan kurang peka terhadap kondisi sekitarnya. Efek lainnya foto-foto selfie juga bisa dijadikan sasaran kejahatan seksual, penculikan, dan kejahatan lainnya terhadap anak.


Praktek Memotret

Setelah Syifa dan teman-temannya menerima materi-materi dasar dan umum seputar fotografi, kemudian dilanjutkan dengan praktek memotret obyek "Istana Bogor" yang dibidik dari pinggir danau yang ada di Kebun Raya Bogor. Inilah hasil jepretan kamera handphone yang dipakai Syifa...

Memotret Istana Bogor dari Tepi Danau Kebun Raya Bogor

Foto Istana Bogor dari Tepi Danau Kebun Raya Bogor

Danau Kebun Raya Bogor



Penutup Belajar Fotografi

Acarapun ditutup lebih cepat karena cuaca hujan. Sebelum ditutup, Syifa dan teman-temannya diajak untuk mencoba kamera DSLR yang memang sering digunakan oleh para fotografer profesional. Satu per satu anak pun mencoba kamera tersebut. Wal hasil, anak jadi semakin senang mengikuti kegiatan Belajar Fotografi di Kebun Raya Bogor tersebut. Dan akhirnya, rangkaian kegiatanpun ditutup dengan bacaan "Alhamdulillah.."

Nah, itulah rangkaian kegiatan Belajar Fotografi di Kebun Raya Bogor yang Syifa lakukan bersama teman-temannya. Seru kan??!


No comments :

Post a Comment

Silahkan berkomentarlah dengan baik dan sopan agar bisa saling berbagi manfaat bagi banyak orang ^_^