Cara Mudah Menaksir Berapa Ketinggian Monas dan Tugu Bundaran Hotel Indonesia

Cara Mudah Menaksir Berapa Ketinggian Monas dan Tugu Bundaran Hotel Indonesia


Tahu kah Anda, berapa sih ketinggian Monas tersebut? Monumen Nasional atau yang populer disingkat dengan Monas atau Tugu Monas adalah monumen peringatan setinggi 132 meter (433 kaki) yang didirikan untuk mengenang perlawanan dan perjuangan rakyat Indonesia untuk merebut kemerdekaan dari pemerintahan kolonial Hindia Belanda. Pembangunan monumen ini dimulai pada tanggal 17 Agustus 1961 di bawah perintah presiden Sukarno, dan dibuka untuk umum pada tanggal 12 Juli 1975. Tugu ini dimahkotai lidah api yang dilapisi lembaran emas yang melambangkan semangat perjuangan yang menyala-nyala. Monumen Nasional terletak tepat di tengah Lapangan Medan Merdeka, Jakarta Pusat ( sumber: id.wikipedia.org).


Lalu berapa pula ketinggian Tugu yang berada di tengah-tengah kolam air mancur Bundaran Hotel Indonesia yang dikenal dengan sebutan  Monumen Selamat Datang ini?  Monumen ini berupa patung sepasang manusia yang sedang menggenggam bunga dan melambaikan tangan. Patung tersebut menghadap ke utara yang berarti mereka menyambut orang-orang yang datang dari arah Monumen Nasional. Pada tahun 1962, Jakarta menyambut tamu-tamu kenegaraan di Bundaran Hotel Indonesia. Ketika itu, Presiden Sukarno membangun Monumen Selamat Datang dalam rangka Asian Games IV yang diadakan di Jakarta. Para atlet dan ofisial menginap di Hotel Indonesia dan bertanding di komplek olahraga Ikada, sekarang komplek Gelora Bung Karno, Senayan. Stadion Senayan pada saat itu adalah stadion terbesar di Asia Tenggara yang mampu menampung 120.000 penonton. Ide pembuatan patung ini berasal dari Presiden Sukarno dan rancangan awalnya dikerjakan oleh Henk Ngantung yang pada saat itu merupakan Wakil Gubernur DKI Jakarta. Tinggi patung perunggu ini dari kepala sampai kaki 5 m, sedangkan tinggi seluruhnya dari kaki hingga tangan yang melambai adalah +-7 m, dan tinggi kaki patung adalah 10 m. (sumber: id.wikipedia.org)

Wuih.. keren kan bangsa Indonesia punya monumen yang bersejarah bagi bangsanya??

Ngomong-ngomong masalah ketinggian, Saat Syifa mengikuti kepanduan (18/12/2016), Syifa diajari bagaimana menghitung atau menaksir ketinggian sebuah benda dengan cara yang sangat sederhana. Menghitung / menaksir ketinggian apa saja? ya misalnya: ketinggian gedung, pohon, dan lain-lain.. dan kemungkinan bisa juga loh tuk menaksir ketinggian Monas atau pun Monumen Selamat Datang yang ada di Bundaran Hotel Indonesia. Nah bagaimana caranya? Bisa tonton video berikut saat syifa belajar kepanduan bersama teman-temannya ^_^



Masih bingung yaaa?? ^_^ Yuk ah baca aja panduan berikut ^_^ .  Sebelum Syifa bagi caranya secara tertulis, yuk siapkan terlebih dahulu alatnya. Apa alatnya? Alatnya hanya pakai tongkat atau batang kayu yang ada di sekitar kita dan minta lah seorang teman untuk menjadi pembanding. Lalu lakukan cara-cara berikut ya:

1. mintalah teman untuk berdiri untuk menjadi pembanding membelakangi oyek yang akan ditaksir ketinggiannya. Sebelumnya langkah kaki teman kita harus kita ketahui dulu berapa sih panjang langkah kakinya. Misalnya: panjang langkahnya 500cm

2. Posisikan diri penaksir sambil memegang alat taksirnya seperti pada gambar berikut

3. Selanjutnya, rebahkan posisi alat taksir membentuk sudut siku-siku atau 90 derajat dari posisi awal. Lalu mintalah teman kita yang bertugas sebagai pembanding untuk melangkah kesamping sesuai arah rebah alat taksir. Lihat gambar berikut ya.


4. Dari pengamatan/pandangan mata penaksir, Hitunglah berapa langkah kaki teman anda saat bergerak melangkah kesamping sampai dia berhenti tepat diujung alat taksir (batas taksiran). Misal: Hasil pengamatan, teman anda bergerak sampai batas taksiran adalah 5 langkah, dan panjang tiap langkahnya adalah 500cm, maka hasil taksiran dari ketinggian obyek tersebut adalah 5X500cm=2500cm



Mudah bukan?? Tapi ingat ya.. ini adalah hanya sebuah taksiran yang akurasinya masih belum tepat 100%. Bagaimana, anda mau mencoba??  Atau anda mau praktek mencoba menaksir ketinggian Monas dan Monumen Selamat datang di Bundaran Hotel Indonesia??? Hehehe.. silahkan dicoba dan selamat mencoba ya..

No comments :

Post a Comment

Silahkan berkomentarlah dengan baik dan sopan agar bisa saling berbagi manfaat bagi banyak orang ^_^