Latihan Memanah dan Game Jaring Komando di Kepanduan

Latihan Memanah dan Game Jaring Komando di Kepanduan


Ahad pagi yang cerah (4/12/2016) di halaman parkir Gedung Pasca Sarjana Kampus Ibnu Khaldun Bogor, Syifa dan teman-temannya ngunpul bareng untuk melakukan aktifitas rutin pekanan. Mereka melakukan latihan kepanduan.

Pada sesion latihan kepanduan pekan ini, ada hal-hal menarik bagi syifa dan teman-temannya. Apa ya kira-kira yang menarik bagi anak-anak kepanduan pada sesion latihan kali ini??

Ternyata pada latihan kepanduan pekan ini, anak-anak diajak untuk menjalankan salah satu aktifitas yang dianjurkan rasululloh SAW, yaitu latihan memanah. Wah, seru kan?! Setelah anak-anak berkumpul di lapangan dan diajak senam peregangan / pemanasan, mereka langsung latihan memanah menggunakan busur panah yang disesuaikan dengan usia anak-anak.

Nah bagaimana keseruan Syifa dan teman-temannya latihan memanah?? Berikut foto-fotonya:



Setelah Syifa dan teman-temannya latihan memanah, mereka selanjutnya diajak bermain sebuah game "Jaring Komando". Permainan apa itu ya?? Sepertinya seru banget tuh permainan! Hehehe iya dong, sesuai dengan namanya permainan ini memang seru dan tentunya memberikan nilai edukasi bagi anak-anak.

Berikut foto keseruan syifa dan teman-temannya dalam melakukan game "Jaring Komando".



Dalam permainan tersebut anak-anak diberikan tali yang ujungnya diikatkan pada bagian baju mereka dan masing-masing ujung lainnya diikat jadi satu titik pusat. Di titik simpul (titik pusat) tersebut diberi sebuah benda panjang (seperti pensil / batang kayu/ sumpit). Lalu anak-anak membentuk sebuah lingkaran  sambil menarik talinya sampai meregang, sehingga akan terbentuk sebuah jaring.

Dalam permainan tersebut, dipilih seorang komandan dari peserta game, yang bertugas untuk mengkordiniir teman-temannya agar bisa bekerja sama menjalankan tugas  yang diberikan. Apa tugasnya?? Tugasnya adalah mereka harus memasukan batang kayu yang sudah dipasang dibagian titik tengah jaring ke dalam botol yang sudah tersedia.

Tim ini tentunya akan berhasil melaksanakan tugasnya jika mereka bisa bekerja sama dengan baik. Daan ternyata mereka berhasil loh bekerja sama dengan baik dan mampu menyelesaikan permainannya. Keren kan?!



Alhamdulillah, dengan selesainya permainan tersebut, berakhir pula acara kepanduan pada hari itu. Anak-anak sangat antusias mengikutinya dari awal sampai akhir. Dan nilai penting yang didapat oleh Syifa dan teman-temannya dari sesion latihan memanah dan game jaring komado tersebut adalah Konsentrasi, Pengendalian Emosi, Keberanian, dan Kepercayaan Diri, serta Kerja Sama.

No comments :

Post a Comment

Silahkan berkomentarlah dengan baik dan sopan agar bisa saling berbagi manfaat bagi banyak orang ^_^