Tips Agar Anak Mau Menulis

Tips Agar Anak Mau Menulis

Menulis.. memang menjadi sebuah aktifitas yang mengasyikan bagi orang yang terbiasa dan hobby menulis. Bagi saya? kalau bagi saya menulis itu kadang asyik dan kadang tidak. Menulis itu asyik.. ketika ide-ide muncul dengan sendirinya dari pikiran saya. Menulis itu tidak asyik.. ketika tidak ada ide sama sekali di benak pikiran saya. Bagaimana kalau menurut Anda??

Nah sebagai latihan untuk menstimulasi agar muncul ide-ide yang akan ditulis, salah satu cara yang saya lakukan adalah memakai cara belajar yang saya terapkan pada anak saya. Cara-cara yang akan saya jelaskan ini, bisa juga menjadi tips agar anak anda mau menulis. Bagaimana caranya??

Alhamdulillah Anak saya sudah bisa membaca dan menulis di usia pra-sekolahnya walaupun ia tidak sekolah. Saat ini.. Metode yang saya pakai untuk mengajari anak menulis ( saya jelaskan yang Menulis dulu ya.. ^_^) adalah...
  1. Mengenalkan peralatan tulis kepada anak agar anak lebih familier dengan peralatan tersebut. ya misalnya.. mengenalkan namanya, membiarkan anak memainkan peralatan tulis tersebut, dan seterusnya yang penting familier dulu dengan peralatan tulisnya dan pastikan peralatan yang digunakan aman dan sesuai dengan usianya.
  2. Beri kebebasan anak untuk corat-coret dengan menggunakan alat tulisnya.. Siap-siap aja ya tembok rumah penuh dengan corat-coret, hehehe..
  3. Mulai arahkan penggunaan alat tulisnya, misalnya cara memegang alat tulis yang benar dan mengarahkan agar ia corat-coret di kertas yang sudah disediakan
  4. Ajari anak untuk membuat garis-garis: Lurus, Miring, zigzag, dan bergelombang
  5. Setelah anak terbiasa dengan tahap no.4, selanjutnya ajak juga untuk membuat gambar-gambar bentuk sederhana, seperti: Lingkaran, Segitiga, kotak, dll. Agar menarik ajak pula Anak untuk mewarnai gambar yang telah dibuatnya.
  6. Amatilah anak, apakah sudah benar-benar bisa dan "asyik" menggunakan peralatan tulisnya?
  7. Selanjutnya, mulailah Ajak anak untuk membuat Angka dan huruf. Mulai dengan yang mudah-mudah dulu.. dan bertahap ya... dan lakukan dalam suasana yang menyenangkan dan selingi juga dengan aktifitas menggambar dan mewarnai. Gunakan juga lembar panduan menulis dimana anak bisa menghubungkan titik-titik yang membentuk sebuah angka atau tulisan.
  8. Kalau anak sudah bisa menulis angka dan huruf, sekarang tinggal membiasakan anak agar mau menulis, tujuannya agar tulisannya semakin rapih dan membiasakan anak agar bisa menuangkan idenya lewat tulisan. Salah satu cara dan contohnya: Kita sediakan lembar latihan menulis anak seperti yang terlihat pada gambar berikut ini..
Tips Agar Anak Mau Menulis

Nah, cara no.8 inilah yang biasa saya gunakan untuk latihan menstimulasi saya dan anak saya agar bisa memunculkan ide-ide yang akan ditulis.

Pada langkah no.8 tsb, anak diminta menuangkan ide atau isi pikirannya tentang gambar yang dilihatnya. Alhamdulillah, saya menerapkan cara ini kepada anak saya dan diri saya agar kami mau menulis... ^_^

Dan ternyataaa.. saya bisa menulis postingan ini ya idenya muncul karena melihat gambar di postingan  ini ... hehehe

Selamat berbagi Tips Agar Anak Mau Menulis.. dan Semoga bermanfaat..!!


No comments :

Post a Comment

Silahkan berkomentarlah dengan baik dan sopan agar bisa saling berbagi manfaat bagi banyak orang ^_^