Belajar Sejarah di Museum Kepresidenan RI Balai Kirti Kota Bogor

Belajar Sejarah di Museum Kepresidenan RI Balai Kirti Kota Bogor

Belajar Sejarah di MuseumKepresidenan RI Balai Kirti Kota Bogor

Alhamdulillah, kemarin Syifa dan teman-teman Komunitas Homeschooling Keluarga Muslim Bogor telah melakukan kunjungan belajar ke Museum Kepresidenan RI Balai Kirti di Kota Bogor.  Di museum ini Anak-anak diajak untuk belajar mengenal sejarah Kepresidenan RI, mulai dari Presiden pertama sampai Presiden yang terakhir kali menjabat. Dan selama berada di museum ini, pengunjung akan dipandu oleh Pemandu khusus dari pihak Museum. Penasarankan mengenai museum tersebut? Baca sampai selesai ya tulisan ini.. ^_^

Museum Kepresidenan Republik Indonesia ini terletak di Istana Bogor, tepatnya di bagian kiri istana. Pintu masuk museum ini tidak jauh dari SMA Negeri 1 Bogor. Di bagian depan Museum Kepresidenan RI ini terdapat sebuah prasasti bertulisan “Setiap Presiden Pasti Berbuat yang Terbaik Bagi Indonesia”. Prasasti ini ditanda tangani oleh Presiden Soesilo Bambang Yudhoyono. Inilah yang menjadi simbol bahwa museum ini sudah resmi dibuka dan bisa dikunjungi oleh masyarakat umum. Museum Kepresidenan Republik Indonesia di Istana Bogor ini diresmikan langsung oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada hari Sabtu, pada tanggal 18 Oktober 2014.


Prasasti Museum Kepresidenan RI Balai Kirti Kota Bogor

Museum Kepresidenan Republik Indonesia ini dibangun sebagai bentuk penghormatan kepada para presiden Indonesia. Selain itu, Museum Kepresidenan RI juga bisa menjadi salah satu tempat wisata edukasi bagi anak-anak. Ya, sejarah panjang bangsa Indonesia yang mampu membebaskan diri dari para penjajah, dan memproklamirkan hari kemerdekaan pada 17 Agustus 1945 yang hingga kini telah memiliki tujuh orang presiden. Patutlah kita sebagai bangsa Indonesia mengenang jasa para pemimpin. Nah berikut ini patung para tokoh yang pernah menjabat sebagai Presiden di negara ini, yaitu: Soekarno, Soeharto, B.J Habiebie, Abdurrahman Wachid (Gus Dur), Megawati, dan Soesilo Bambang Yudhoyono


Patung Presiden di Museum Kepresidenan RI Balai Kirti Kota Bogor

Ayah Bunda juga juga boleh loh mengajak putra-putrinya berfoto ria di depan patung para Presiden RI.. Wah seru banget. Pasti putra-putrinya suka...hehehe..


Oke lanjut... Presiden SBY memberikan nama Balai Kirti untuk Museum Kepresidenan Republik Indonesia di Istana Bogor ini. Balai Kirti berasal dari dua kata, Balai berarti bangunan dan Kirti berarti kemasyhuran. Jadi Balai Kirti memiliki makna ‘ruang menyimpan kemasyhuran” atau bangunan yang menyimpan dan memamerkan berbagai benda peninggalan bersejarah yang membawa suatu kemasyhuran.

Museum Kepresidenan Republik Indonesia memiliki bangunan tiga lantai, Yaitu Lantai Gedung Galeri Kebangsaan, Lantai Gedung Galeri Kepresidenan, dan lantai gedung untuk bersantai. Yuk kita bahas satu-satu..


Galeri Kebangsaan Museum Kepresidenan RI Balai Kirti Kota Bogor

Di lantai satu, dinamakan Galeri Kebangsaan. Disini ditampilkan sejarah perjalanan Bangsa Indonesia. Yang paling menarik di lantai ini adalah adanya enam patung perunggu Presiden RI, yang sudah Ayah bunda lihat fotonya diatas. Selain itu, terdapat naskah proklamasi, lambang negara, burung garuda, pembukaan UUD 1945, pancasila, sumpah pemuda, dan lagu kebangsaan Indonesia Raya bisa ditemukan di lantai pertama ini. Menariknya, di Galeri Kebangsaan ini juga terdapat peta digital yang menggambarkan sejarah perkembangan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia dan ruang audio visual yang akan menayangkan film-film terkait dengan peristiwa dan prestasi presiden-presiden Republik Indonesia. Seperti apa cuplikan filmnya? Makanya baca tulisan ini sampai selesai ya.. hehehe. Ini tentu membuat Museum Kepresidenan Republik Indonesia semakin menarik.

Sebelum beranjak ke lantai dua, yuk ajak putra-putrinya foto-foto dulu ... hehehe..



Lanjut... kita beranjak ke lantai 2..... Let's Go!

Menuju Galeri Kepresidenan Museum Kepresidenan RI Balai Kirti Kota Bogor

Beranjak ke lantai dua adalah Galeri Kepresidenan. Memamerkan berbagai koleksi dan informasi penting mengenai karya dan prestasi enam presiden. Menampilkan kisah perjalanan kepemimpinan Soekarno, Soeharto, BJ Habibie, Abdurahman Wahid, Megawati Soekarno Putri, dan Susilo Bambang Yudhoyono lengkap dengan jubah kebesaran dan ruang kerjanya. Sejarah para presiden ini juga dilengkapi memorabilia, lukisan, album foto digital, dan video wall. Di setiap profil presiden tersebut, kata-kata mutiara masing-masing presiden juga ditampilkan, salah satunya adalah “Jangan sekali-sekali melupakan sejarah” oleh Presiden Soekarno. Namun sayang di Ruang Galeri Kepresidenan ini tidak diperbolehkan untuk mengambil gambar atau video. Hanya dibolehkan berpose pada ruangan tertentu saja..  yaitu disini...


dan disini....


Lanjuuut.....
Di lantai teratas, lantai tiga, ada ruangan besar yang berisi sofa dan taman. Lantai ini sepertinya dibuat untuk tempat bersantai sambil menikmati sejarah para pemimpin bangsa ini. Tapi sayang syifa dan teman-temannya hanya berkunjung sampai lantai dua saja... hehehe..

Ayah Bunda mau berkunjung juga kesini untuk mengajak putra-putrinya belajar Sejarah?? Boleh kok, Museum Kepresidenan Republik Indonesia di Istana Bogor ini dibuka untuk umum. Namun sebelum berkunjung ke museum ini,  Ayah Bunda  harus menghubungi pihak Sekretariat Istana Bogor terlebih dahulu. Bagaimana caranya? Tujukan surat permohonan kepada :

Kepala Museum Kepresidenan RI Balai Kirti
Kompleks Istana Kepresidenan Bogor
Jl.Ir.H.Juanda No.1 Bogor.

Dan jangan lupa atur juga jadwal berkunjungnya ya... Kapan saja waktu yang diperbolehkan untuk berkunjung? Berikut Jadwal kunjungan ke Museum Kepresidenan RI Balai Kirti Bogor:
  • Selasa – Jumat, Pukul 09.00 – 15.00 WIB
  • Sabtu – Minggu, Pukul 09.00 – 13.00 WIB
  • Senin dan Hari Libur Nasional -Tutup.

Oiya.. hampir lupa, Ini nih bagian yang paling menarik yang para pengunjung sukai, yaitu nonton film Sejarah. Menonoton film ini merupakan sesion terakhir dari rangkaian kunjungan ke Museum Kepresidenan RI Balai Kirti Bogor ini. Seperti apa cuplikan filmnya? Yuk kita tonton...


Mohon maaf ya.. nonton videonya terpotong, sebenarnya durasi filmnya cukup lama loh. Lebih lengkapnya datang dan tonton langsung saja ya guna Belajar Sejarah di Museum Kepresidenan RI Balai Kirti Bogor. Hehehe..   Jangan lupa komentar dan SHARE ya tulisan ini jika bermanfaat bagi Ayah Bunda . Selamat berkunjung dan belajar sejarah di Museum Kepresidenan RI Balai Kirti Bogor ^_^


No comments :

Post a Comment

Silahkan berkomentarlah dengan baik dan sopan agar bisa saling berbagi manfaat bagi banyak orang ^_^