Membuat Roket Air Sederhana dari Botol Aqua

Membuat Roket Air Sederhana dari Botol Aqua


Ahad pagi hingga siang (30 April 2017), Syifa bersama teman-temannya yang tergabung dalam Komunitas Homeschooling Keluarga Muslim Kota Bogor melakukan aktifitas belajar bersama di Gedung Perpustakaan Pasca Sarjana Universitas Ibnu Khaldun Bogor. Mereka terlihat sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Bagaimana tidak tidak antusias? karena salah satu yang mereka pelajari di kegiatan tersebut adalah mempelajari tentang roket. Hah!! Roket?!  Iya Roket.. Anak-anak yang rata-rata masih berusia dibawah 10 tahun ini belajar tentang bagaimana membuat roket sekaligus menerbangkannya.


Ayah Bunda penasarankan? Masa sih anak-anak bisa membuat dan menerbangkan roket? Yuk baca sampai selesai tulisan ini , karena pada postingan ini akan dibahas bagaimana cara membuat roketnya yang bisa ayah bunda praktekan bersama anandanya ^_^

Sebelum membahas bagaimana cara membuat roketnya, yuk ajak anandanya untuk menonton peluncuran roket pada video berikut ini...


Bagaimana video peluncuran roketnya? Seru banget kan!! Anak anda pasti senang kan jika bisa membuat roketnya? Bagaimana kalau putra-putri ayah bunda bisa membuat roket tersebut dan bisa digunakan untuk sesuatu yang bermanfaat bagi umat manusia? Tentunya Ayah bunda senang juga kan? Ayah Bunda tentu sudah tahukan bahwa perjalanan sejauh 1 mil diawali dengan 1 langkah. Nah, untuk bisa membuat roket yang sebenarnya seperti yang terlihat pada tayangan video diatas, yuk dimulai dari pembuatan roket yang sederhana dulu... "Membuat Roket Air Sederhana dari Botol Aqua!!".. hehehe. Bagaimana caranya? Yuk kita bahas satu-satu...

Cara membuat roket air sederhana dari botol aqua ini saya dapatkan dari id.wikihow. com, dan saya  anggap inilah cara yang paling mudah untuk dipraktekan. Kenapa? Karena ayah bunda tidak perlu lagi membuat peluncur khusus roketnya. Kalau yang syifa pelajari pada acara belajar bersama komunitas homeschooling keluarga muslim, syifa dan kawan-kawan menerbangkan roketnya menggunakan peluncur khusus yang terbuat dari pipa pvc. Nah, pada ulasan kali ini ayah bunda tidak perlu lagi menggunakan peluncur khusus. Jadi, Ananda hanya diajak bikin roketnya dan langsung bisa diluncurkan.

Biar gak bingung yuk langsung saja praktek membuat roket air sederhana dari botol minuman
Langkah pertama dan yang paling utama adalah persiapkan dulu bahan dan alatnya ya ..^_^.  Apa saja bahan dan alatnya? Botol Aqua atau botol minuman lainnya, Kertas/karton, lakban, lem, gunting, gabus, pentil ban, play doh, air dan pompa. Okeyyy... sudah siap semua bahan-bahan dan peralatannya? kalau sudah... Lanjuuuttt..!!


Langkah-langkah Pembuatan Roket

Gulung sepotong kertas menjadi kerucut. Ini akan menjadi hidung kerucut pada roket, jadi Anda dibebaskan untuk menggunakan kertas berwarna atau kertas bermotif untuk menambahkan desain pada roket.


Bungkuslah hidung kerucut dengan selotip. Ini akan membuat hidung roket lebih kuat dan tahan air. Jika Ayah Bunda ingin menambahkan warna pada roketnya, Anda dapat menggunakan lakban berwarna untuk membungkus kerucut hidungnya.


Siapkan botol plastiknya dan biar tambah keren silahkan Ayah Bunda warnai botolnya dengan warna kesukaan ananda ^_^

Tempelkan hidung roket pada dasar botol. Anda dapat menggunakan lakban. Pastikan posisinya lurus dan kuat ya..


Ambillah karton yang tipis dan potong 3-4 buah segitiga untuk membuat sayap roket. Silahkan potong dengan sudut yang tepat supaya dapat membuat roket berdiri tegak.  Letakkan sayap roket pada bagian bawah roket. Tekukkan “tab” pada sisi-sisi sayap supaya dapat ditempelkan pada badan roket dengan mudah. Lalu, rekatkan atau lem untuk memasangnya.


Tambahkan pemberat untuk memberatkan roket. Pemberat dapat berupa bahan apa pun yang memiliki bobot untuk roket dan memastikan roket dapat mendarat setelah diluncurkan. Gunakan lempung atau Play Doh sebagai pemberat karena bahan ini lembut, dapat dibentuk.   



Setelah itu, tutuplah pemberat yang terbuat dari playdoh tersebut menggunakan lakban



Isi botol dengan air. Tuangkan 1 liter air ke dalam botol.



Buatlah lubang yang sangat kecil pada sebuah gabus. Pastikan lubang yang dibuat berukuran sebesar pentil ban sepeda.

Masukkan gabus sumbat ke dalam mulut botol. Anda juga dapat mengecilkan gabus gengan tang untuk memuatnya


Pasangkan pentil ban sepeda ke dalam lubang pada gabus. Pastikan terpasang erat pada gabus.




Taraaaaa...!! Roket botol plastik sudah siap diluncurkan!!


Balikkan roket pada posisi yang benar. Pegang pada bagian leher botol dan katup pompa sepeda, dan arahkan menjauhi wajah Anda. Luncurkan roket botol Anda. Pastikan Anda sedang berada di ruang terbuka, di luar ruangan. Roket akan meluncur ke atas dengan cepat dan tinggi jadi singkirkan semua penghalang dan peringatkan semua orang di sekeliling Anda sebelum meluncurkannya. 




Pegang roket pada leher botol dan pompalah udara ke dalamnya. Roket akan meluncur saat gabus tidak lagi dapat menahan tekanan yang semakin besar di dalam botol. Lepaskan botolnya. Air akan terpancar kemana-mana saat botol meluncur, jadi bersiaplah untuk sedikit basah. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, Jangan mendekati roket saat Anda mulai memompa, bahkan jika terlihat seperti tidak akan terjadi apa-apa saat peluncuran.

Selamat mencoba dan silahkan bagikan tulisan ini jika bermanfaat dengan menekan tombol dibawah ini !


Silahkan Baca Juga >> Cara Mudah Membuat Pesawat Terbang dari Kertas Berkas

3 comments :

  1. Kertas untuk membuat kerucut berukuran berapa ya kak

    ReplyDelete
  2. itu gabus penyumbat bahannya gabus biasa yg putih atau ada bahan khusus mas?

    ReplyDelete

Silahkan berkomentarlah dengan baik dan sopan agar bisa saling berbagi manfaat bagi banyak orang ^_^