Tips Menghafal Al-quran Tanpa Dihafal versi Kreasyifa

Tips Menghafal Al-quran Tanpa Dihafal versi Kreasyifa

Coba ayah bunda perhatikan ya... menginjak usia ayah bunda yang sekarang ini, berapa banyak kosa kata yang sudah ayah bunda hafal yang terbiasa dipakai dalam percakapan sehari-hari?? Ternyata sudah ribuan kosa kata yang ayah bunda ingat atau hafal, bukan? Padahal ayah bunda tidak pernah menghafalnya secara khusus.  Kenapa ya?? Ya karena ayah bunda terbiasa menggunakan kosa kata-kosa kata tersebut dalam kesehariannya, sejak usia anak-anak hingga usia sekarang.

 
Jika hal tersebut di atas diterapkan juga untuk menghafalkan al-quran, bisa kah? Insya Alloh BISA!! Kita bisa menghafal alquran tanpa perlu menghafal. Kita biasakan saja berinteraksi dengan alquran; baik dengan membacanya ataupun mendengarkannya.

Kuncinya untuk menghafal al-quran tanpa menghafal adalah PEMBIASAAN. "Mari kita semua membiasakan diri untuk MEMBACA ALQURAN dan MENDENGAR BACAAN ALQURAN dalam keseharian kita, TIDAK PERLU DIHAFAL, maka efeknya adalah HAFAL".

Sekali lagi... Kuncinya untuk menghafal al-quran tanpa menghafal adalah PEMBIASAAN. "Mari kita semua membiasakan diri untuk MEMBACA ALQURAN dan MENDENGAR BACAAN ALQURAN dalam keseharian kita, TIDAK PERLU DIHAFAL, maka efeknya adalah HAFAL".

Biar tambah yakin lagi... saya ulangi.. Kuncinya untuk menghafal al-quran tanpa menghafal adalah PEMBIASAAN. "Mari kita semua membiasakan diri untuk MEMBACA ALQURAN dan MENDENGAR BACAAN ALQURAN dalam keseharian kita, TIDAK PERLU DIHAFAL, maka efeknya adalah HAFAL".

Ambil contoh yang sederhana saja... Surat Al-fatihah: Sebagian besar dari kita pasti hafal surat tersebut. Iya kan? Kenapa ? Anda pasti sudah tahu jawabannya.. hehehe.


 
Contoh lain lagi.. Saya dan anak saya membiasakan diri untuk membaca surat-surat yang ingin dihafal setiap ba'da shubuh, hanya 3 ayat per hari.  Caranya?
  • Satu ayat dibaca 10x
  • terus lanjut 1 ayat pertama sampai 3 ayat selanjutnya dibaca 10x juga
Supaya tidak bingung saya gambarkan seperti ini ya..
Ayat (a) dibaca 10x
Ayat (b) dibaca 10x
Ayat (c) dibaca 10x

lanjut ayat (a)(b)(c) dibaca 10x juga

Setiap memulai ngaji semua ayat yang sudah dibaca, dibaca ulang semuanya. 



Nah biasanya setelah membaca alquran dengan pengulangan-pengulangan seperti yang sudah dijelaskan diatas, selanjutnya anak diperdengarkan dengan bacaan-bacaan  ayat-ayat alquran. Lakukan seperti aturan diatas, bedanya kalau yang ini cukup mendengarkan saja. lalu sumber audionya dari mana? Ya bisa kita sendiri yang membacakan ayatnya tuk anak kita dan juga bisa sebaliknya. Atau anda juga bisa memperdengarkan lantunan ayat-ayat alquran menggunakan alat bantu, seperti: Speaker Alquran  atau alat bantu lainnya.




Alhamdulillah dengan cara seperti itu, saya dan anak saya bisa menambah koleksi hafalan surat alqurannya.. hehehe.. Doakan ya kami tetap istiqomah tuk senantiasa mempelajari dan mengajar Alquran ^_^ . Saya doakan demikian juga tuk ayah bunda semuanya.. Aamiin

No comments :

Post a Comment

Silahkan berkomentarlah dengan baik dan sopan agar bisa saling berbagi manfaat bagi banyak orang ^_^