Bagaimana Cara Mudah Memandikan Bayi Untuk Ayah (Bunda) Pemula?

Bagaimana Cara Mudah Memandikan Bayi Untuk Ayah (Bunda) Pemula?

Cara Mudah Memandikan Bayi Untuk Ayah Bunda Pemula

Postingan kali ini dibuat untuk menyemangati Ayah Bunda pemula, khusunya para Ayah yaaa.. yang ingin sekali menyempatkan dirinya ikutan memandikan anandanya yang masih bayi. Kesempatan ini tidak bisa terulang loh.. Jadi, manfaatkan  momen ini sebagai momen yang menyenangkan bersama anak bayinya jika ada kesempatan untuk memandikan. 

"Saya gak bisa memandikan bayi!". Itulah kalimat pertama yang muncul dalam benak Abi Syifa saat Syifa masih bayi dulu. Dan memang saat syifa masih bayi, Abi Syifa masih (sok) sibuk dengan aktifitas kerjanya. Maklum saat itu status Abi Syifa masih sebagai "Pekerja".  Ya jadi tidak ada kesempatan atau mungkin bisa dibilang tidak menyempatkan diri untuk ikutan belajar "ngurus" bayi secara langsung.

Berbeda halnya dengan kelahiran anak yang kedua ini, Shidqi. Pada kelahiran Shidqi, dari mulai masa kehamilan, lahir, dan sampai sekarang Abi Syifa turut terlibat langsung dalam penjagaan dan perawatannya, termasuk bagaimana Abi Syifa ikut memandikannya tiap hari; pagi dan sore hari.. hehehe.. . Maklum saat ini, Abi syifa kegiatannya TERNAK TERI alias "Nganter Anak Nganter istri" menuju Surga-NYA (Insya alloh, Mohon di-amin-kan yaa.. ^_^). Jadi, saat ini lebih banyak waktu Abi Syifa tuk Anak Istrinya.

Sejak umur shidqi masih 3 harian yaitu sejak Ummi Syifa pulang bersalin dari Rumah Sakit dan bayi sudah tidak dirawat lagi oleh perawat di Rumah Sakit, disitulah Abi Syifa mulai bertekad untuk ikut langsung merawat bayi, seperti: memandikan dan mengenakan/mengganti pakaian bayi, shidqi. Lalu Ummi Syifa ngapain? Ummi Syifa biarlah tuk fokus menyusui saja, karena hal itu tidak bisa Abi Syifa lakukan, hehehe.. 


Banyak loh manfaat dari memandikan bayi bagi ayah, diantaranya adalah: bisa membangun kedekatan sedini mungkin dengan anak, memanfaatkan momen "memandikan bayi" untuk menanamkan nilai-nilai positif pada si bayi, berbagi tugas dengan istri, dan masih banyak manfaat lainnya yang bisa ayah dapatkan dari aktifitas ini.


Baiklah kita coba ulas cara mudah memandikan bayi yang  biasa Abi Syifa lakukan...
  1. Siapkan perlengkapan mandi untuk bayi, minimal harus ada: Bak mandi, air hangat tuk mandi dan bilas, sabun+sampo bayi, dan kain handuk lembut.
  2. Kalau sudah siap semuanya, selanjutnya lepas pakaian yang dikenakan bayi.
  3. Sebelum dimandikan, beberapa saat dekap/peluklah bayi dengan penuh kasih sayang dan biarkan badannya kontak dengan badan kita
  4. Jangan lupa baca doa baik sebelum dan sesudah mandi ya.. dibacakan dengan bersuara agar didengar oleh anak kita.
  5. Topang bagian leher dan punggung bayi dengan salah satu tangan kita, dan gunakan tangan lain untuk membasahi, menggosok, memberi sabun, dan membilas badan bayi.
  6. Mandikan bayi dengan perlahan dan lembut ya.. Basahi tubuhnya secara merata lalu disabun dan terakhir dibilas.
  7. Ajak bayi berkomunikasi yang menyenangkan dengan "bahasa tubuh" kita; tatapan mata dan ekspresi wajah kita.
Aahhh.. biar Ayah Bunda tambah semangat dan biar lebih berani untuk memandikan bayi, yuk kita tonton sejenak keseruan Abi Syifa memandikan bayi  (Shidqi)  melalui video berikut ini...


Bagaimana ayah bunda? Sudah siap tuk memandikan bayi? Memandikan bayi itu mudah kan? Hehehe..  Lanjuuut ya..


Ya bayi "dibungkus" atau "dikeringkan" menggunakan handuk yang sudah dipersiapkan. Lalu kita kenakan bayi dengan pakaian yang sebelumnya sudah kita siapkan. Bagaimana cara bayi mengenakan pakaian? Silahkan baca >> "Cara Bayi Menggunakan Pakaiannya"




Baik ayah bunda, itu saja ya berbagi pengalaman bagaimana Cara Mudah Memandikan Bayi Untuk Ayah (Bunda) Pemula. Ditunggu ya saran dan komentarnya dikolom komentar, khususnya tuk bunda-bunda yang lebih berpengalaman dalam hal mandi-memandikan bayi, hehehe.. Tuk para ayah, ayoo semangat tuk ikutan "memandikan" bayinya! Semoga bermanfaat!

No comments :

Post a Comment

Silahkan berkomentarlah dengan baik dan sopan agar bisa saling berbagi manfaat bagi banyak orang ^_^