Kunjungan Wisata Edukasi ke Bayt Al-Quran Taman Mini Indonesia Indah Jakarta

Kunjungan Wisata Edukasi ke Bayt Al-Quran Taman Mini Indonesia Indah Jakarta

Kunjungan Wisata Edukasi ke Bayt Alquran TMII


Kali ini Syifa berkesempatan berkunjung ke Bayt-Alquran yang terletak di kawasan Taman Mini Indonesia Indah Jakarta. Tepatnya, Gedung ini terletak di sebelah kanan pintu masuk 1 atau pas sebelah kiri pintu keluar 1 Taman Mini Indonesia Indah. Seperti apa keseruannya? Yuk Ayah Bunda baca postingan kali ini sampai selesai ya.. 


Sebelum menjelaskan apa itu Bayt Alquran..  Silahkan Ayah Bunda lihat penampakan  Gedung Bayt Alquran. Seperti inilah penampakannya..

http://www.kreasyifa.com/2018/01/kunjungan-wisata-edukasi-ke-bayt-alquran-tmii.html

Subhanalloh..megah sekali ya gedungnya..  Nah, Ayah bunda.. Kalau dilihat dari namanya, "Bayt Alquran" ini  berarti Rumah Alquran. Disini terdapat banyak jenis Alquran  dan karya-karya unggulan para ulama dan intelektual muslim Nusantara sejak abad ke-17 sampai abad ke-20. Warisan budaya berupa mushaf, manuskrip Al Qur’an, arsitektur, seni rupa islami yang memiliki keindahan seni juga tersimpan disini.

http://www.kreasyifa.com/2018/01/kunjungan-wisata-edukasi-ke-bayt-alquran-tmii.html


Bayt Al-Qur’an yang satu kesatuan dengan Museum Istiqlal ini menempati areal seluas 20.013 m2 dan dibuka untuk umum tanggal 20 April 1997 bersamaan dengan peresmian oleh Presiden Soeharto.

http://www.kreasyifa.com/2018/01/kunjungan-wisata-edukasi-ke-bayt-alquran-tmii.html


Salah satu tujuan dibangunnya Bayt Alquran ini adalah untuk menampilkan Islam sebagai pemersatu bangsa dari berbagai etnik di Indonesia dengan menampilkan ajaran dan kebudayaan Islam Indonesia yang berkualitas dan kreatif.

Di Bayt Alquran terdapat ruang pamer yang menghadirkan beragam seni mushaf dari dalam dan luar negeri, diantaranya:
  • Mushaf Istiqlal yang menjadi primadona pada Festival Istiqlal II 1995
  • Mushaf Sundawi yang menampilkan iluminasi ragam hias khas Jawa Barat
  • Mushaf Malaysia yang menampilkan iluminasi ragam khas Malaysia.
  • Mushaf Wonosobo, yang merupakan mushaf terbesar hasil kreasi dua orang santri Pondok Pesantren al- Asy’ariah, Wonosobo, Jawa Tengah  
http://www.kreasyifa.com/2018/01/kunjungan-wisata-edukasi-ke-bayt-alquran-tmii.html

Ditampilkan pula Al-Qur’an standar Departemen Agama RI, Al-Qur’an biasa dan Al-Qur’an Braille untuk umat Islam tuna netra.

Oiya, Diakhir kunjungan biasanya Ayah Bunda beserta anandanya akan diajak ke ruang studio yang ada di lantai paling atas dari Bayt Alquran untuk menyaksikan film sain islami tentang Lebah. Seru loh!

Bagi ayah bunda yang mau berkunjung ke Bayt Alquran TMII, ini ya jadwal bukanya:

Jadwal Kunjungan Wisata Edukasi ke Bayt Alquran TMII


Kalau cuma lewat tulisan sepertinya kurang mantap ya Ayah Bunda.. hehehe. Supaya ayah bunda puas dan tertarik juga untuk berkunjung ke Bayt alquran Taman Mini Indonesia Indah, yuk ayah bunda saksikan video di bawah ini yang akan menayakangkan secara detail apa yang ada di Bayt Alquran. Selamat menyaksikan ya...



Bagaimana Ayah Bunda? Sepertinya ayah bunda tertarik juga ya untuk mengajak putra-putrinya untuk melakukan kunjungan wisata edukasi ke Bayt Alquran Taman Mini Indonesia Indah? hehehe.. Selamat berkunjung ya! Silahkan ayah bunda bagikan info ini ke yang lainnya ya sehingga postingan ini bisa dirasakan juga manfaatnya oleh ayah bunda lainnya.. ^_^


No comments :

Post a Comment

Silahkan berkomentarlah dengan baik dan sopan agar bisa saling berbagi manfaat bagi banyak orang ^_^