Berasa Musim Salju di Jakarta, Syifa Bermain Salju Buatan

Berasa Musim Salju di Jakarta, Syifa Bermain Salju Buatan

Syifa Bermain Salju Buatan


Suasana Kota Jakarta yang panas saat itu berubah menjadi suasana musim salju. Suasana Musim salju ini tentunya hanya bisa ayah bunda temukan di Snow Playland di sebuah kawasan Mall yang berada di Kota Jakarta. Hehehe.. jadi ini bukan musim salju yang turun di wilayah kota jakarta ya ayah bunda. Melainkan, arena bermain indoor yang disulap menjadi suasana musim salju. Ayah bunda penasarankan dengan keseruan suasana musim salju di jakarta? Baca terus ya ayah bunda tulisan ini sampai selesai.., hehehe..

Sebelum Syifa mengajak ayah bunda untuk menyaksikan bagaimana keseruan musim salju  buatan yang ada di Snow Playland di sebuah kawasan Mall di Jakarta tersebut... Syifa ingin bertanya terlebih dahulu kepada ayah bunda beserta anandanya..


Ayoo.. Ayah bunda jawab ya!  Ayah bunda pasti sudah ada tahu kan jawabannya?  Biar semua ayah bunda beserta ananda tahu jawaban dari pertanyaan di atas.. Baiklah syifa akan jawab setahu syifa ya mengenai " Bagaimana proses terjadinya hujan salju itu".

Berikut penjelasannya...
Berawal dari uap air yang berkumpul di atmosfer Bumi, kumpulan uap air mendingin sampai pada titik kondensasi. Apa itu titik kondensasi ya ayah bunda?  Sederhananya, titik kondensasi itu adalah temperatur di mana gas berubah bentuk menjadi cair atau padat.  Lanjut ya...

Kumpulan uap air yang mendingin sampai pada titik kondensasi tersebut kemudian menggumpal membentuk awan. Pada saat awal pembentukan awan, massanya jauh lebih kecil daripada massa udara sehingga awan tersebut mengapung di udara persis seperti Ayah bunda bersama anandanya bermain kayu balok atau perahu-perahuan yang mengapung di atas permukaan air. Namun, setelah kumpulan uap terus bertambah dan bergabung ke dalam awan tersebut, massanya juga bertambah, sehingga pada suatu waktu udara tidak sanggup lagi menahannya. Awan tersebut pecah menjadi partikel-partikel air yang jatuh ke Bumi.

Partikel air yang jatuh itu adalah air murni alias air yang belum terkotori oleh partikel lain. Air murni tidak langsung membeku pada temperatur 0 derajat Celcius, karena pada suhu tersebut terjadi perubahan fase dari cair ke padat. Untuk membuat air murni beku dibutuhkan temperatur lebih rendah daripada 0 derajat Celcius. Ini juga terjadi saat ayah bunda merebus air, air menguap kalau temperaturnya di atas 100 derajat Celcius karena pada 100 derajat Celcius adalah perubahan fase dari cair ke uap. Untuk mempercepat perubahan fase sebuah zat, biasanya ditambahkan zat-zat khusus, misalnya garam dipakai untuk mempercepat fase pencairan es ke air.

Biasanya temperatur udara tepat di bawah awan adalah di bawah 0 derajat Celcius (temperatur udara tergantung pada ketinggiannya di atas permukaan air laut). Tapi, temperatur yang rendah saja belum cukup untuk menciptakan salju. Saat partikel-partikel air murni tersebut bersentuhan dengan udara, maka air murni tersebut terkotori oleh partikel-partikel lain. Ada partikel-partikel tertentu yang berfungsi mempercepat fase pembekuan, sehingga air murni dengan cepat menjadi kristal-kristal es.

Partikel-partikel pengotor yang terlibat dalam proses ini disebut nukleator, selain berfungsi sebagai pemercepat fase pembekuan, juga perekat antar uap air. Sehingga partikel air (yang tidak murni lagi) bergabung bersama dengan partikel air lainnya dan akan membentuk kristal lebih besar.

Jika temperatur udara tidak sampai melelehkan kristal es tersebut, kristal-kristal es jatuh ke tanah. Dan inilah yang disebut SALJU!  Jika tidak, kristal es tersebut meleleh dan sampai ke tanah dalam bentuk hujan air.

Pada banyak kasus di dunia ini, proses turunnya hujan selalu dimulai dengan salju beberapa saat ia jatuh dari awan, tapi kemudian mencair saat melintasi udara yang panas. Kadang kala, jika temperatur sangat rendah, kristal-kristal es itu bisa membentuk bola-bola es kecil dan terjadilah hujan es.  Jadi, inilah penyebabnya kenapa salju sangat susah turun secara alami di daerah tropis yang memiliki temperatur udara relatif tinggi seperti di Jakarta dibanding wilayah yang sedang mengalami musim dingin. Nah begitulah Ayah bunda.. penjelasan mengenai proses terjadinya hujan salju. Puaanjaaang banget ya penjelasannya, hehehe..

Baiklah ayah bunda, Kini saatnya ayah bunda beserta anandanya untuk menyaksikan bagaimana keseruan Syifa mainan salju buatan di sebuah kawasan mall di jakarta. Berikut keseruannya... Selamat menyaksikan!



Ayah Bunda punya pengalaman seru juga seputar musim salju atau liburan di musim salju bersama keluarganya? Silahkan ayah bunda bagikan pengalaman serunya melalui kolom komentar dibawah ini yaa..

No comments :

Post a Comment

Silahkan berkomentarlah dengan baik dan sopan agar bisa saling berbagi manfaat bagi banyak orang ^_^