4 Cara Sederhana Mendidik Anak Supaya Memiliki Kepedulian Terhadap Sesama

4 Cara Sederhana Mendidik Anak Supaya Memiliki Kepedulian Terhadap Sesama

 Cara Sederhana Mendidik Anak Supaya Peduli Sesama

Dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat, ayah bunda perlu menunjukkan kepada anak-anak setiap orang adalah saudara. Ayah bunda perlu menghindarkan anak-anaknya cara hidup eksklusif. Ya, tujuannya supaya anak-anak tidak merasa lebih baik dari orang lain.

Rasa kepedulian tinggi terhadap sesama, tentu tidak lepas dari bagaimana pola asuh orangtua. Melalui kepedulian yang dicontohkan orangtuanya, seorang anak akan tumbuh dengan rasa kepedulian tinggi terhadap sesamanya. 

Untuk membimbing agar anak-anak mampu menyadari nilai-nilai kepedulian dan mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari tanpa paksaan memang bukanlah hal yang mudah. Semuanya butuh kesabaran dan kesungguhan, serta keistiqomahan orangtua.

Nah, dari uraian singkat diatas sebenarnya ayah bunda sudah ada gambaran tentang bagaimana cara mendidik anak agar memiliki kepedulian terhadap sesama. Tapi, untuk lebih jelasnya, disini akan dibahas tentang 4 cara sederhana mendidik anak supaya memiliki kepedulian terhadap sesama.

Kira-kira hal apa saja yang perlu dilakukan oleh orangtua supaya anak-anak memiliki rasa kepedulian terhadap sesama? Berikut cara sederhana mendidik anak supaya memiliki kepedulian terhadap sesama..


Sangat mustahil bagi seorang anak bisa belajar rasa welas asih, jika sebagai orangtua, Anda tidak pernah memberikan contoh serta teladan. Cobalah untuk memahami hal ini, bahwa apa pun yang Anda lakukan, baik maupun buruk, dan disaksikan oleh anak-anak.. maka mereka akan meniru hal-hal tersebut. Anak adalah peniru yang ulung.



Bertengkar dalam hal apapun di hadapan anak adalah hal yang sama sekali tidak boleh Ayah Bunda lakukan. Ingat, Ayah Bunda adalah sosok figur yang patut untuk ditiru serta diteladani oleh anak-anak. Oleh sebab itu, berusahalah hidup rukun bersama pasangan dan tunjukan rasa kasih sayang Anda terhadap satu sama lain.



Latih anak-anak agar tampil rendah hati dengan selalu mengucapkan "terima kasih" kepada orang yang telah membantunya dan kepada siapapun. 



Ayah Bunda ajarkan kepada anak-anak bahwa memberikan kelebihan yang dia punya kepada orang lain yang membutuhkan sama sekali bukan kerugian tapi akan menambah keberkahan. 


Itulah 4 cara sederhana mendidik anak supaya memiliki kepedulian terhadap sesama. Kepedulian terhadap sesama adalah dasar dari kebaikan hati, tanpanya mustahil seseorang mampu hidup berdampingan, satu sama lain dengan damai, dalam masyarakat. Semoga dengan selalu mendidik kepada anak kepedulian, kehidupan bermasyarakat akan lebih damai dan bahagia. 

Ayah Bunda masih punya cara lain untuk mendidik anak supaya memiliki kepedulian terhadap sesama? Silahkan ayah bunda tulis ya di kolom komentar yang telah kami sediakan. Semoga bermanfaat!




Silahkan Anda Baca Juga:

No comments :

Post a Comment

Silahkan berkomentarlah dengan baik dan sopan agar bisa saling berbagi manfaat bagi banyak orang ^_^