Membuat Kerajinan Tangan Sarung Bantal Sofa Dari Limbah Kain Perca

Membuat Kerajinan Tangan Sarung Bantal Sofa Dari Limbah Kain Perca

Membuat kerajinan tangan dari kain perca menjadi barang atau produk unik dan antik, serta kreatif sangat mudah dan murah dilakukan. Siapapun bisa untuk melakukannya. Yang penting ada kemauan, ketekunan, dan kreatif dalam melakukannya. Banyak ide yang bisa dipakai untuk mengolah kain perca tersebut, seperti: membuat sarung bantal sofa,tas wanita, taplak kulkas, sajadah, tempat pensil, dompet, dan aneka kerajinan dari kain perca lainnya.

sarung bantal sofa dari kain perca

Dengan memanfaatkan kain perca (potongan2 kain) yang mudah didapat dan relatif murah, dapat dihasilkan aneka kreasi yang unik, cantik, dan bermanfaat. Berikut saya akan jelaskan bagaimana membuat kerajinan tangan berupa sarung bantal sofa dari bahan kain perca. Yuk kita ikuti pembahasannya.

Langkah pertama untuk membuat sarung bantal sofa dari kain perca ini adalah menyiapkan bahan dasar dan alat-alatnya, yaitu: kain katun, penggaris, gunting, meteran, benang, jarum pentul, jarum jahit, kain viselin (kain keras berperekat bila di setrika), busa angin, Velcrow (perekat), Biku-biku (renda), dan Mesin Jahit

kain perca katun
penggaris, gunting, meteran, benang, jarum pentul, jarum jahit untuk membuat kerajinan kain perca
kain viselin (kain keras berperekat bila di setrika) untuk sarung bantal dari kain perca
busa angin untuk bantal kain perca
Velcrow (perekat) pada sarung bantal kain perca
Biku-biku ( Renda ) untuk variasi sarung bantal kain perca
Mesin jahit untuk membuat sarung bantal dari kain perca

Setelah bahan dan alat disediakan, mari kita lakukan proses pembuatan kerajinan tangan berupa sarung bantal sofa dari kain perca dengan langkah-langkah sebagai berikut:
  • Gunting 4 macam kain katun motif ukuran 20x20 cm sebanyak 8 lembar (masing-masing motif 2 lembar), gunting busa angin ukuran 40x40, 2 lembar, gunting biku2 spanjang 40 cm sebanyak 4 helai.
  • Sambung kain katun dengan dijahit mesin. Buat 2x (2 lembar)
Sambung kain katun dengan dijahit mesin
  • Pasang biku-biku (renda) di jahitan sambungan, buat 2kali.

Pasang biku-biku (renda) di jahitan sambungan

  • Pasang busa angin sebagai lapisan, buat sebanyak 2 kali

Pasang busa angin sebagai lapisan

  • Satukan 2 lembar katun yang sudah dipasang busa tadi dengan dijahit mesin. Bagian atas jangan dijahit, untuk pasang resluiting.
  • Pasang resluiting di atasnya.
  • Dan inilah hasil akhir dari kerajinan tangan sarung bantal sofa dari sisa limbah kain perca
sarung bantal sofa dari kain perca 

Lihat hasilnya... Cantik dan unik kan kerajinan tangan sarung bantal sofa dari limbah kain perca? Ternyata, kalau kita kreatif mendayagunakan bahan-bahan limbah yang ada di sekitar kita, kita akan mampu membuat sesuatu yang bermanfaat untuk diri kita dan orang lain. ya contohnya seperti contoh kerajinan tangan berupa sarung bantal sofa dari kain perca yang telah kita jelaskan. Selamat mencoba dan berkreasi! Baca juga kerajinan tangan unik dan cantik lainnya dari  limbah kain perca.




Silahkan Anda Baca Juga:

No comments :

Post a Comment

Silahkan berkomentarlah dengan baik dan sopan agar bisa saling berbagi manfaat bagi banyak orang ^_^