Cara Mudah Membuat Pesawat Terbang dari Kertas Berkas

Cara Mudah Membuat Pesawat Terbang dari Kertas Berkas

Sebelum membahas Bagaimana Cara Mudah Membuat Pesawat Terbang dari Kertas Berkas, tahukah Ayah Bunda, siapa sih yang membuat pesawat terbang pertama kali? Pasti jawaban Anda "Orville dan Wilbur Wright bersaudara di Amerika Serikat", iya kan?  Ada fakta lama yang jarang diketahui khalayak ramai: manusia pertama yang berhasil terbang ternyata bukanlah Orville dan Wilbur Wright bersaudara di Amerika Serikat pada 1903.

Keduanya memang orang pertama yang terbang menggunakan alat bernama pesawat terbang. Namun, ilmuwan muslim telah mengembangkan prinsip-prinsip penerbangan satu milenium sebelumnya. Abbas Ibn Firnas, matematikawan, astronom, fisikawan, dan ahli penerbangan Muslim dari abad ke-9, tercatat sebagai manusia pertama yang mengembangkan alat penerbangan dan sukses terbang. Ini yang dibuat pesawat terbang beneran ya.. bukan pesawat terbang yang terbuat dari kertas bekas.

Abbas Ibn Firnas berhasil terbang menggunakan glider, alat terbang sederhana yang dilengkapi sayap. Alat terbang Ibn Firnas memang masih sederhana. Namun, keberhasilan Ibn Firnas menguji dan menerbangkan alat buatannya pada tahun 852 memberi inspirasi kepada ilmuwan-ilmuwan Barat untuk mengembangkan pesawat. Itu berarti 1164 tahun silam.

Cara Mudah Membuat Pesawat Terbang dari Kertas Berkas

Nah, sekarang apakah Ayah Bunda bisa mengajak anandanya untuk membuat pesawat terbang? Anda
tidak perlu menjadi Abbas Ibn Firnas ataupun Wright bersaudara untuk bisa membuat pesawat terbang Anda sendiri. Yang Anda perlukan hanyalah selembar kertas bekas yang ada di sekitar Anda. Lalu bagaimana cara membuatnya?

Berikut  Cara Mudah Membuat Pesawat Terbang dari Kertas Bekas


Cara Mudah Membuat Pesawat Terbang dari Kertas Berkas
  1. Sediakan selembar kertas ukuran standar (biasanya berukuran 8.5 x 11")
  2. Buat lipatan tengah  di tengah sisi panjang kertas, dan tekan. Kedua bagian yang panjang seharusnya menjadi satu dan kedua ujungnya saling bersentuhan.
  3. Lipat sudut atas ke tengah. Buka kertas kembali dan lipat kedua sudut atas kertas ke dalam sehingga bertemu di lipatan tengah.
  4. Lipat titik pertemuan ke bawah. Lipat titik yang dibuat dalam langkah sebelumnya ke cekungan lipatan sehingga sisi kertas masuk ke dalam lipatan ini. Pastikan lipatan ini Anda buat dengan baik. Sehingga saat ini kertas akan tampak seperti amplop.
  5. Lipat sudut yang baru. Lipat dua sudut atas yang Anda buat dalam langkah sebelumnya ke tengah sehingga titik pertemuan berada di 2/3 cekungan lipatan kertas ke sisinya.
  6. Lipat titik pertemuan. Lipat titik yang telah tertutup setelah langkah sebelumnya sehingga dapat menjaga posisi sayap di cekungan lipatan kertas.
  7. Lipat kertas sama panjang di lipatan tengah yang dibuat sebelumnya. Semua lipatan yang dibuat dalam langkah sebelumnya seharusnya mengarah ke depan. Lipatan bentuk segitiga yang sekarang tampak akan menjadi bagian bawah pesawat.
  8. Buat sayap pesawat. Lipat kedua sisi kertas ke bawah lipatan tengah sehingga sisi panjang sayap berada seimbang di bawah pesawat.
  9. Atur sudut sayap pesawat. Buka sedikit lipatan sayap sehingga tegak lurus dengan badan pesawat dan permukaan datar yang saling berdampingan.
Supaya tidak bingung, yuk lihat langsung Cara Mudah Membuat Pesawat Terbang dari Kertas Berkas pada video berikut ini:


Cobalah terbangkan pesawat kertas yang sudah Anda buat. Mulailah dengan melemparkannya perlahan untuk melihat bagaimana pesawat Anda terbang di udara. Cobalah dengan gerakan yang lebih keras untuk melihat seberapa tinggi dan seberapa jauh pesawat kertas anda terbang. Selamat mencoba ya!




No comments :

Post a Comment

Silahkan berkomentarlah dengan baik dan sopan agar bisa saling berbagi manfaat bagi banyak orang ^_^