Cara Orang Tua Mendidik Anak Agar Rajin Shalat

Cara Orang Tua Mendidik Anak Agar Rajin Shalat

 Cara Orang Tua Mendidik Anak Agar Rajin Shalat

Bagaimana sih cara kita sebagai orang tua mendidik anak agar rajin shalat? Pertanyaan ini sering muncul dari para orang tua yang mengharapkan putra/putrinya rajin menjalankan ibadah sholat. Pasti, Anda salah satu dari sekian orang tua yang menginginkan hal tersebut kan? Bersyukurlah, Anda termasuk orang tua yang meluangkan waktu untuk mendidik putra-putrinya. Lalu bagaimana caranya ya? Berikut penjelasan dari salah satu orang tua yang sudah menerapkan cara-cara bagaimana mendidik anaknya agar rajin sholat...


Pertama, kita harus menjadi teladan.  
Anak itu karakternya melihat yang ‘ril’ bukan abstrak.  Oleh sebab itu, yang akan banyak melekat dalam benak mereka adalah perilaku kita sebagai orang tua.  Bila kita ingin anak kita rajin shalat, misalnya, ya tentu kita sebagai ayah dan ibunya yang harus pertama kali rajin shalat.  Bila kita ingin anak kita cinta masjid, kitalah yang harus terlebih dahulu cinta masjid.

Ke-dua, kita perlu menginstall ajaran Islam terkait shalat.  
Maksudnya, kita tanamkan ajaran Islam tentang shalat pada mereka.  Perlu dengan sabar kita jelaskan tentang hukum menjalankan shalat.  Misalnya, dengan menyampaikan kandungan ayat:

إِنَّ الصَّلَاةَ كَانَتْ عَلَى الْمُؤْمِنِينَ كِتَابًا مَوْقُوتًا (النساء 103)

“Sesungguhnya shalat itu wajib atas kaum mukminin pada waktu yang ditentukan” (QS. An-Nisa:103)

Jangan lupa, dalam setiap lantunan doa kita, sampaikan dengan jeritan hati kepada Allah agar anak kita dijadikan anak yang rajin shalat.  Misalnya, kita berdoa:

رَبِّ اجْعَلْنِي مُقِيمَ الصَّلَاةِ وَمِنْ ذُرِّيَّتِي رَبَّنَا وَتَقَبَّلْ دُعَاءِ

“Ya Rabbku, jadikanlah aku ahli shalat, begitu juga anak keturunanku.  Wahai Rabb kami, kabulkanlah doa kami” (QS. Ibrahim:40)

Ke-tiga, terapkan secara praktis.  
Berikut beberapa cara yang cukup berhasil dilakukan oleh banyak orang tua:
  1. Jangan menunda shalat.  Makin ditunda, makin berat
  2. Dampingi anak saat shalat.  Kita harus berperan sebagai coach (pelatih) bukan penguji.  Bedakan ‘melatih’ dengan ‘menguji’.  Melatih itu mengajari, mengarahkan, dan membimbing hingga dia bisa.
  3. Ajarkan anak bacaan shalat pada saat di luar momen shalat.  Setidaknya 1x dalam seminggu cek wudlu dan shalat di luar shalat.
  4. Biasakan tidur di awal waktau, temani sejenak saat bangun shubuh.  Bila anak tidur terlalu malam biasanya bangun subuhnya sulit. 
  5. Buat batasan yang jelas tentang pelaksanaan shalat dan konsekuensinya.  Misalnya, shalat harus dilakukan di awal waktu.  Bila ayah pergi ke masjid maka anak harus pergi ke masjid.  Bila tidak, harus mencuci kamar mandi.
Demikian ulasan singkat mengenai Cara Orang Tua Mendidik Anak Agar Rajin Shalat. Anda punya pengalaman atau cara lain bagaimana cara anda mendidik anak agar rajin sholat? Silahkan anda bisa berbagi pengalamannya melalui kolom komentar yang tersedia di bawah ini... Semoga bermanfaat!


Silahkan Baca Juga: 

No comments :

Post a Comment

Silahkan berkomentarlah dengan baik dan sopan agar bisa saling berbagi manfaat bagi banyak orang ^_^