Pentingkah Mengajarkan Anak Tentang Problem Solving?

Pentingkah Mengajarkan Anak Tentang Problem Solving?

Menurut psikolog Dra. Reni Kusumowardhani, Msi, Psi, sepanjang rentang kehidupan seseorang, mulai dari masih dalam kandungan hingga ia dilahirkan dan sepanjang kehidupannya, selalu dihadapkan pada berbagai situasi dan keadaan yang membutuhkan adaptasi. Misalnya, saat bayi dalam kandungan, meski bersifat pasif, janin juga perlu beradaptasi untuk memecahkan permasalahan kehidupan dininya. Saat ia dilahirkan, maka ia harus dapat memecahkan masalah, salah satunya yakni bayi perlu dilatih untuk mengembangkan reflek hisap agar dapat memecahkan masalah penyusuan untuk kebutuhan gizinya. Seiring bertambah usia, maka kemampuan pemecahan masalah kehidupannya akan semakin kompleks. 

pentingkah mengajarkan anak problem solving

Walaupun pada dasarnya secara naluriah setiap anak memiliki kemampuan pemecahan masalah namun semakin bertambah usia, anak-anak tidak lagi cukup hanya mengandalkan insting, tetapi harus dirancang sedemikian rupa untuk mengajarkan problem solving sesuai dengan tahapan perkembangannya.
Jadi paham kan kalau mengajarkan anak-anak terkait pemecahan masalah itu penting. Tapi, kalau Ayah Bunda masih bingung bagaimana caranya mengajarkan problem solving pada anak, coba deh Ayah Bunda berikan masalah-masalah kecil pada anak, biarkan mereka mencari solusinya sendiri, atau coba ceritakan buku yang temanya terkait pemecahan kasus-kasus. Tentunya kasus/masalah yang ringan-ringan ya sesuai kemampuan berpikir anak. Anak-anak akan tahu bagaimana tokoh-tokoh dalam buku ini memecahkan kasus yang ada. 

Kalau saya pribadi pernah melatih anak-anak terkait problem solving ini dengan menggunakan media lego dari basic hingga advance. Ternyata melatih anak untuk mampu memecahkan masalah sendiri itu memiliki manfaat lho. Diantaranya, anak dapat memecahkan masalah yang dihadapinya, dapat meningkatkan toleransi anak pada tingkat stress dan situasi, anak pun terlatih untuk memanfaatkan dan mengembangkan kecerdasan, serta dapat lebih mandiri. Dengan begitu anak-anak akan memiliki kepribadian dan karakter pantang menyerah dan selalu fokus pada solusi. So kalau anak-anak Ayah Bunda seperti itu maka Ayah Bunda sebagai orang tua bolehlah sedikit lega. Karena mereka akan mampu menghadapi tantangan hidupnya kelak. Semoga bermanfaat!





Silahkan Baca Juga: 

No comments :

Post a Comment

Silahkan berkomentarlah dengan baik dan sopan agar bisa saling berbagi manfaat bagi banyak orang ^_^