Skip to main content

Lakukan 3 Cara Ini Untuk Membuat Nama Website yang Baik

Nama website yang baik memang perlu direncanakan dengan baik yang tujuannya memudahkan orang untuk mengakses dan mengingat namanya. Bayangkan, jika Anda memiliki website tentang jual produk kesehatan dan Anda memakai nama webnya dengan nama ini "jualprodukkesehatanpalingampuhseduniaasliproduksendiri.com", apakah nama web/domain tersebut sudah cukup optimal? Apakah orang akan tertarik untuk berkunjung dan menggunakan website Anda?

Untuk mendapatkan nama website yang baik anda sebaiknya melakukan minimal 3 langkah berikut ini:

1. Gunakan keyword / kata kunci yang berhubungan dengan tema website 

Cari sebanyak-banyaknya kata kunci yang berhubungan dengan tema website anda sebagai bahan referensi untuk memilih nama domain web anda. Selain karena agar orang akan lebih mudah menebak isi website Anda dengan melihat nama domainnya, nama domain yang sesuai dengan tema website akan membantu meningkatkan nilai prioritas di mesin pencarian google. Sebagai Contoh: Jika tema website Anda adalah jual herbal, maka gunakanlah kata kunci yang berkaitan dengan tema tersebut, seperti herbal, obat herbal, ramuan herbal, daun herbal, dan sebagainya. Jika website Anda bertema HNI, maka gunakan kata kunci seperti HNI, HPAI, Halal Mart, dan sebagainya. Dan yang lebih penting lagi pastikan kata kunci yang anda gunakan adalah kata kunci yang banyak pencariannya di mesin pencarian google.

Grafik dibawah ini adalah contoh hasil riset sederhana yang menunjukan hasil perbandingan banyaknya pencarian kata kunci HNI, HPAI, dan Halal Mart di mesin pencarian google. Pada bagian akhir postingan ini akan diberitahukan juga bagaimana cara sederhana riset kata kunci.




2. Gunakan kata kunci tambahan seperti lokasi, identitas diri, dan nilai tambah

Kata kunci tambahan berupa lokasi juga dapat Anda gunakan sebagai bagian dari nama domain web Anda. Misalnya, bila domain hni.com sudah dipakai, Anda dapat mencoba menambahkan nama kota menjadi hnibogor.com atau hni.com. Kamu juga dapat menggunakan kata kunci yang menjadi nilai tambah (value) dari bisnismu. Jila Anda menekankan pada penjualan herbal dengan harga diskon atau harga promo atau harga yang jauh lebih murah daripada harga herbal di toko sebelah, maka Anda dapat menambahkan kata murah seperti herbalmurah.com. 


3. Gunakan nama web yang singkat dan mudah diingat

Semakin singkat nama website Anda, maka nama web anda akan semakin mudah diingat oleh konsumen/pelanggan Anda. Pastikan nama web anda yang singkat tersebut mudah dibaca. Jangan menggunakan nama web seperti ini: hnijkt.com, hnibdg.com, atau h4l4lm4rt.com. Memang betul singkat namanya dan unik, tetapi pengejaannya sulit diingat.

Anda sebenarnya bisa juga membuat nama domain web dari nama brand Anda sendiri. Contoh beberapa perusahaan terkenal yang menggunakan brandnya sebagai nama webnya. seperti google.com, yahoo.com, facebook.com dan twitter.com. 


Sebagai langkah tambahan, Gabungkan beberapa kata kunci

Saat ini cukup sulit untuk mendapatkan domain yang singkat dengan kata kunci yang banyak pencariannya. Umumnya domain yang seperti itu sudah banyak dibeli atau digunakan orang lain. Banyak orang yang suka membeli nama domain yang bagus untuk kemudian dijual lagi dengan harga yang lebih mahal. Bila Anda sangat memerlukan nama domain seperti itu dan punya biaya yang cukup, maka silakan. Namun bila tidak, Anda masih bisa mencari nama domain lain dengan beberapa penambahan kata kunci lainnya.

Sebagai contoh, jika domain herbalmurah.com sudah digunakan oleh pihak lain / sudah tidak tersedia, maka Anda bisa mencoba menambahkan kata kunci tambahan lain seperti jualherbalmurah.com, tokoherbalmurah.com, atau orderherbalmurah.com. Silahkan Anda Gunakan kata kunci tambahan seperti jual, pesan, order, dan sebagainya untuk memodifikasi nama web yang sudah digunakan oleh orang lain. Penggabungan kata kunci ini sebaiknya maksimal 3 kata ya, supaya singkat dan mudah diingat.

Silahkan Baca Juga: 

Comments

Post a Comment

Silahkan berkomentarlah dengan baik dan sopan agar bisa saling berbagi manfaat bagi banyak orang ^_^