Skip to main content

Berburu dan Berbagi Buka Puasa


Sesuai kesepakatan, bahwa uang jajannya selama Ramadhan akan ditabung dan digunakan tiap pekannya untuk berbagi buka puasa kepada para dhu'afa. Maka pada Sore itu, ba'da ashar di jumat kedua Ramadhan, Saya dan putri saya berburu menu buka puasa untuk di bagi-bagikan kepada para dhu'afa.


Setelah menemukan menu buka puasa yang pas, selanjutnya kami berburu target yang tepat untuk membagikan paket berbuka tersebut.

Ya.. Tidak banyak dan tidak mewah paket berbuka puasa yg kami bagikan, hanya sebatas untuk menghilangkan rasa lapar para dhu'afa saat berbuka. Tapi seberapapun yg kita berikan.. bagi mereka sangat dibutuhkan.

Perjalanan kami berburu target pun terhenti, ketika melihat sekumpulan bapak-bapak tukang becak yang sedang menunggu penumpang. Saya meminta ke putri saya: " Kakak Syifa, kita bagikan disini saja.. ". Akhirnya putri sayapun langsung turun dari kendaraan roda dua yg kami tumpangi dan langsung membagikan paket berbuka. Tak kami sangka, mereka berebutan untuk mendapatkan paket berbuka puasa yg jumlahnya tak seberapa itu.

Dalam hati saya beristighfar.. " Astaghfirulloh.. Kami memohon ampun jika selama ini kami kurang bersyukur atas nikmat yg telah Engkau berikan. Kami memohon ampun, jika selama ini kami banyak mengeluh atas apa yg telah kami terima dari-MU.."

Dan sepanjang perjalanan pulang, saya pun terus beristighfar sembari memberikan penjelasan kepada putri saya tentang hikmah/pelajaran yang perlu diambil dari kegiatan berburu dan berbagi buka puasa tersebut.


Silahkan Baca Juga: 

Comments