Menjadi Penjual dan Pembeli Online yang Baik

Ketika ada penjual keliling lewat rumah anda tiap hari dan selalu berhenti di depan rumah Anda sambil menawarkan jualannnya ke Anda, Apa yang Anda lakukan? 

Pertama, Anda keluar rumah dan membeli barang dagangannya karena ada yang perlu dibeli.

Kedua, Anda meresponnya dengan baik kalau Anda tidak mau beli barang dagangannya

Ketiga, Anda tidak meresponnya sama sekali. Membiarkan penjual tersebut berulang-ulang menawarkannya sampai dia pergi dengan sendirinya

Keempat, Anda meresponnya hanya untuk ngerjain si penjual karena Anda merasa kesal selalu ditawari jualannya. Jadi anda teriak: "Bang saya mau Beli!" tapi kenyataannya Anda tidak keluar-keluar dari rumah dan memang Anda sebenarnya tidak ada niat untuk beli.

Apapun pilihan tindakan yang ingin Anda lakukan untuk merespon tawaran si penjual itu hak Anda. Namun, alangkah baiknya jika anda meresponnya dengan baik, entah itu anda mau beli ataupun tidak. Jangan sampai melukai hati si penjual, ya contohnya anda melakukan tindakan seperti pada pilihan ketiga dan keempat di atas. Tindakan tersebut seharusnya tidak Anda lakukan. 

Hal-hal diatas berlaku juga dalam dunia online ya.. 

Namun secara tidak sadar, dengan ramainya jual beli online, banyak juga orang-orang yang melakukan tindakan seperti pilihan ketiga dan keempat. Ketika ditawari oleh penjual online, si pembeli bilang:  " ya saya mau!" Giliran diberi rincian tagihan untuk transfer, si pembeli no respon. Padahal baik online maupun offline ya sama saja yang namanya penjual ya harus dihargai dan dihormati. Begitu juga sebaliknya, penjual menghargai/menghormati pembeli. Penjual harus jujur/amanah. Yups, intinya saling menghargai dan menghormati.. Dan yang lebih penting lagi saling menjaga Amanah.

Yuk, kita sama-sama menjadi penjual dan pembeli yang baik dan amanah!


Comments